IDC Gelar Pelatihan ''Instruktur Akuntansi Syariah'' Gratis untuk Dai

JAKARTA (infaq dakwah club) – Para pengurus Infaq Dakwah Club (IDC) mengoptimalkan khidmat terhadap umat, dengan menggelar Pelatihan Instruktur Akuntansi Syari’ah untuk para dai dan aktivis Islam.

Acara ini adalah salah satu agenda dalam program kerja IDC, yaitu pemberdayaan dai dan aktivis Islam melalui pelatihan entrepreneurship (kewirausahaan).

Pelatihan intensif sehari penuh ini digelar sejak pukul 08.00 di kantor IDC , Sabtu (12 Mei 2012), diikuti oleh para aktivis dakwah yang berasal dari berbagai daerah dan organisasi Islam.

H Abdulgani Dachlan KA, instruktur pelatihan ini menyampaikan seluruh materi secara mudah, jelas dan gamblang. Selingan joke-joke ringan pakar akuntansi yang sudah 30 tahun malang-melintang di dunia perbankan ini, membuat ini mengikuti seluruh jalannya pelatihan dengan antusias. Contoh-contoh praktis dan sederhana yang dipaparkan, terbukti ampuh untuk memahami akuntansi secara kilat.

Dengan ilmu dan pengalamannya yang mumpuni, Abdulgani mendobrak paradigma keliru di masyarakat tentang ilmu akuntansi. Selama ini banyak anggapan bahwa akuntansi adalah ilmu duniawi yang tidak terkait dengan keislaman. “Akuntansi ini wajib bagi umat Islam, karena diperintahkan Allah dalam Al-Qur'an,” paparnya sambil mengutip ayat Al-Qur'an.

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermuamalah tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya. Dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan adil…” (Qs Al-Baqarah 282).

Selain itu, Abdulgani membongkar anggapan keliru bahwa akuntansi adalah pelajaran yang sangat susah dan berbelit-belit. “Akuntansi adalah pelajaran termudah di dunia. Yang penting kita mau belajar dengan cara yang benar,” ujar anggota ICMI Sumatera Selatan itu.

Meski para peserta tidak berlatar belakang akuntansi, namun Abdulgani Dachlan yang datang jauh dari Palembang ini dengan sabar membimbing menularkan ilmu jurnalistik. Ia ingin mewakafkan ilmunya untuk dakwah tanpa imbalan duniawi. “Saya ingin agar umat Islam memahami akuntansi ini dengan prinsip syariah yaitu bil ‘adli,” tegasnya.

Ilmu akuntansi syariah yang diajarkan ini beda dengan akuntansi di bangku kuliah atau kursus pada umumnya. Semua sisi akuntansi yang diajarkannya, dipoles dengan pandangan Islam dan ditiupkan spirit entrepreneur.

Semoga sumbangsih Pak Abdulgani Dachlan menjadi amal shalih dan Allah memberkahi ilmunya. Amin. [taz]

Catatan redaksi:

1. Acara ini adalah salah satu program Dakwah Terpadu IDC, yaitu pemberdayaan dai dan aktivis Islam dengan entrepreneurship (kewirausahaan), antara lain: pelatihan jurnalistik, IT, thibbun nabawi, dan lain sebagainya. Dengan pelatihan ini, diharapkan para dai memiliki kemandirian dalam berdakwah.

2. Pembaca yang budiman bisa berpartisipasi membantu program ini dengan menyalurkan dana ke rekening Infaq Dakwah Club (IDC):

Bank Muamalat Indonesia (BMI)
No.Rek. 0132465841
a/n Budi Haryanto

Bank Syariah Mandiri (BSM)
No.Rek: 0120043587
a/n Budi Haryanto

Bank Mandiri
No.Rek: 0060006012623
a/n Budi Haryanto

BCA (Bank Central Asia)
No.Rek: 6310230497
a/n Budi Haryanto

Share this post..
  • Apa itu IDC ?

    Infaq Dakwah Center (IDC) adalah lembaga independen yang berkhidmat untuk memfasilitasi kaum muslimin dalam menyalurkan infaq dan shadaqah secara tepat, produktif dan multiguna kepada pihak-pihak yang membutuhkan (mustahiq), untuk menunjang dakwah dan pemberdayaan umat Islam.

    more info
  • Visi & Misi

    Mewujudkan kemaslahatan umat untuk mendorong kemajuan dakwah. Optimalisasi dana umat untuk mengatasi problematika dakwah dan keummatan. Soliditas ukhuwah Islamiyah untuk membantu yatim, dhuafa, dan kalangan tertimpa musibah. Sinergi jaringan pendukung dan pelaku dakwah.

    more info
  • Program IDC

    PROGRAM DAKWAH
    Pengiriman Dai Khusus ke daerah terasing, pembinaan muallaf, dakwah media cetak & online.
    PROGRAM SOSIAL DAN KEMANUSIAAN
    Pengobatan & khitanan massal, tanggap darurat bencana, tebar qurban, santunan fakir miskin, yatim dan dhuafa.
    PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
    Beasiswa yatim & dhuafa, pelatihan kewirausahaan bagi aktivis dakwah...

    more info
  • Produk IDC

    Infaq Dakwah Terpadu Beasiswa Yatim dan Dhuafa Infaq Darurat & Tanggap Bencana Solidaritas Keluarga Syuhada & Mujahidin Solidaritas Kemanusiaan Muslim Dunia Infaq Produktif Pemberdayaan Ekonomi Umat Tebar Qurban dan Aqiqah

    more info
  • Kiprah IDC

    Beasiswa yatim & dhuafa Qurban di daerah rawan pemurtadan & daerah binaan dakwah. Recovery dan dakwah umat Islam Ambon Maluku pasca pembantaian dan penyerbuan dari pihak Salibis Renovasi rumah dhuafa & aktivis Islam. Bantuan pengobatan para muallaf & kaum dhuafa. Bakti sosial, pengobatan massal & khitanan massal. Tanggap darurat bencana banjir.

    more info
  • Ayo Jadi Member IDC S3

    Fasilitas bagi kaum muslimin yang tidak punya kemampuan, keahlian dan waktu luang tapi ingin berdakwah, membina anak yatim, membantu kaum tertimpa musibah, membangun sarana ibadah dll. Siapapun bisa berdakwah, beramal dan berjuang menegakkan Syariat Islam, tanpa turun ke lapangan dan tanpa resiko.

    more info

Kontak IDC

  • Kantor: Jl. Veteran No. 48 Bekasi
    (Samping Masjid Agung Al-Barkah Bekasi)
  • SMS Centre: 08999.704050
  • Telepon: 021 – 2640.1004, 085210.700020
  • Email: idc@voa-islam.com
  • Facebook: IDC - Infaq Dakwah Center
  • Twitter: @IDCinfaqCenter
  • PIN BB: 26FF7555

Spesial Donasi Cinta Yatim Syuhada & Mujahidin

Bank Muamalat No.rek: 34.7000.3006
a/n: Yayasan Infaq Dakwah Center

Rekening IDC

Bank Muamalat
No.Rek. 34.7000.3005
a/n Yayasan Infaq Dakwah Center

Bank Syariah Mandiri (BSM)
No.Rek: 7050.888.422
a/n Yayasan Infaq Dakwah Center

BNI Syariah
No.Rek: 293.985.605
a/n Yayasan Infaq Dakwah Center

Bank Mandiri
No.Rek: 156.000.728.728.9
a/n Yayasan Infaq Dakwah Center

Bank BRI
No.Rek: 0139.0100.1736.302
a/n Yayasan Infaq Dakwah Center

Bank BCA
No.Rek: 631.0230.497
a/n Budi Haryanto (Bendahara IDC)