IDC Serahkan Bantuan 4,5 Juta Rupiah untuk Ustadz Dakwah Penderita Gagal Ginjal

 

Menderita gagal ginjal, Ustadz Ahmad Darmanto uzur tak bisa berdakwah dan mencari nafkah. Dalam sebulan ia harus menjalani cuci darah 8 kali ke rumah sakit Solo dengan biaya sekitar 2,5 juta rupiah. Anak-anaknya juga butuh biaya sekolah dan pesantren sekitar 1 juta per bulan. Tulang punggung ekonomi pun hanya mengandalkan sang istri, Ismi Hidayati sebagai guru TK dan TPQ dengan gaji Rp 250.000,-

 

SRAGEN, Infaq Dakwah Center (IDC) – Kondisi Ustadz Darmanto masih lemah terbaring di kamar rumahnya dan tak berdaya untuk bisa kembali bekerja. Relawan IDC, telah diserahkan sebanyak 4,5 juta rupiah dari amanah para donatur untuk membantu biaya pengobatan, tanggungan biaya hidup dan sekolah anak-anaknya.

Saat membesuk di rumah sederhana di wilayah Talun, Sidokerto, Plupuh, Sragen, mantan aktivis Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) itu, mengalami bengkak pada kedua kakinya. Rencana operasi pasang pen jalur cuci darah di tangan kirinya pun masih belum terealisasi sebab butuh kondisi yang benar-benar sehat. Ia memohon doa kaum muslimin untuk kelancaran operasi tersebut yang direncanakan tanggal 27 November 2018 nanti.

"Ya begini kondisi saya, insya Allah besuk tanggal 27 operasinya mohon doanya kaum muslimin semoga berjalan lancar tidak seperti kemarin gagal terus," katanya pada Relawan IDC, Selasa (20/11/2018).

Ditemani istrinya, Ismi Hidayati, ia mengungkapkan bahwa kegiatan cuci darah masih berlangsung dua kali selama satu pekan (Senin dan Kamis). Sedang untuk biaya cuci darah yang ditanggung pihak BPJS harus kembali membuat surat-surat dari awal karena adanya aturan baru pihak dinas kesehatan.

"Kita besuk ini harus cari surat untuk cuci darah lagi, cek jantung, hemodialisa, bedah dan penyakit dalam. Itu karena kita pakai BPJS harus mulai ulang dari faskes 1 sampai ke RSUD. Karena ada aturan baru, ini untuk wira-wiri dari RSUD Sragen sampai ke RS Hermina Solo, ya kita butuh biaya," ungkapnya.

Relawan IDC kemudian menyerahkan santunan untuk ketiga kalinya sebesar Rp 2.500.000,- kepada istri Ustadz Darmanto. Sebelumnya IDC telah memberikan santunan awal senilai Rp 2.000.000,-. Mendekati waktu zuhur, Relawan IDC memohon pamit dan mendoakan semoga Ustadz Darmanto segera diberi kesembuhan dari penyakitnya.

"Jazakumullah khairan kepada IDC dan para donatur, semoga jadi amal panjenengan semua yang keroyo-royo, jauh-jauh datang ke gubuk kami ini," tutur Ismi Hidayati.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya,Ustadz Ahmad Darmanto uzur tak bisa berdakwah dan mencari nafkah karena menderita penyakit gagal ginjal. Dalam sebulan ia harus menjalani cuci darah 8 kali ke rumah sakit Solo dengan biaya sekitar 2,5 juta rupiah. Anak-anaknya juga butuh biaya sekolah dan pesantren sekitar 1 juta per bulan. Tulang punggung ekonomi pun hanya mengandalkan sang istri, Ismi Hidayati sebagai guru TK dan TPQ dengan gaji Rp 250.000,-

Karena Ustadz Darman uzur mencari nafkah, maka tulang punggung ekonomi keluarga saat ini hanyalah sang istri, Ismi Hidayati. Dari profesi mengajar Taman Kanak-kanak dan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ), Ummi Ismi mendapat honor sebesar Rp 250.000 perbulan.

Penghasilan sebesar itu, jangankan untuk menutupi kebutuhan berobat dan biaya sekolah sebesar 3.500.000, sekedar untuk menutupi biaya hidup sehari-hari saja belum cukup. Benar-benar memprihatinkan kondisi keluarga pejuang dakwah ini. (baca: Mujahid Dakwah di Pelosok Sidokerto Menderita Gagal Ginjal).

...Selama sehat dan jaya, Ustadz Ahmad Darmanto mendedikasikan waktu, harta, energi dan pikirannya untuk Dakwah. Saat dirundung uzur gagal ginjal, menjadi kewajiban kaum Muslimin untuk membantunya ...

 

SOLIDARITAS MUJAHID DAKWAH

Ujian yang menimpa Ustadz Ahmad Darmanto adalah beban kita juga, karena persaudaraan setiap Muslim ibarat satu tubuh. Jika satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh lainnya otomatis terganggu karena merasakan kesakitan juga.

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ، مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى.

“Perumpamaan kaum mukminin dalam cinta-mencintai, sayang-menyayangi dan bahu-membahu, seperti satu tubuh. Jika salah satu anggota tubuhnya sakit, maka seluruh anggota tubuhnya yang lain ikut merasakan sakit juga, dengan tidak bisa tidur dan demam” (Muttafaq ‘Alaih).

Infaq untuk membantu meringankan musibah sesama muslim adalah cara mengundang berbagai kemudahan dan pertolongan Allah Ta’ala.

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُنْيَا نَفَّسَ الله عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَومَ القِيَامَةِ, و مَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ الله عَلَيهِ في الدُنيَا و الأَخِرَةٍ, و مَن سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ الله في الدُنيَا و الأَخِرَةٍ, و الله في عَونِ العَبْدِ ما كان العَبْدُ في عَونِ أَخِيهِ

“Barangsiapa menghilangkan kesulitan seorang mukmin di dunia, maka Allah akan melepaskan kesulitannya pada hari kiamat. Barangsiapa memudahkan orang yang tengah dilanda kesulitan, maka Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Dan Allah senantiasa membantu seorang hamba selama hamba tersebut senantiasa membantu saudaranya...” (HR Muslim).

Donasi untuk membantu pengobatan Ustadz Darmanto, bisa disalurkan melalui program Solidaritas Mujahid Dakwah:

  1. Bank Muamalat, No.Rek: 34.7000.3005 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  2. Bank BNI Syariah, No.Rek: 293.985.605 a.n: Infaq Dakwah Center.
  3. Bank Mandiri Syari’ah (BSM), No.Rek: 7050.888.422 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  4. Bank BTN Syariah, No.Rek: 712.307.1539 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  5. Bank Mega Syariah, No.Rek: 1000.154.176 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  6. Bank Mandiri, No.Rek: 156.000.728.7289 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  7. Bank BRI, No.Rek: 0139.0100.1736.302 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  8. Bank CIMB Niaga, No.Rek: 80011.6699.300 a.n Yayasan Infak Dakwah Center.
  9. Bank BCA, No.Rek: 631.0230.497 a.n Budi Haryanto (Bendahara IDC).

CATATAN:

  • Demi kedisiplinan amanah dan untuk memudahkan penyaluran agar tidak bercampur dengan program lainnya, tambahkan nominal Rp 6.000 (enam ribu rupiah). Misalnya: Rp 1.006.000,- Rp 506.000,- Rp 206.000,- Rp 106.000,- 56.000,- dan seterusnya.
  • Laporan penyaluran dana akan disampaikan secara online di: infaqDakwahCenter.com.
  • Bila biaya program ini sudah tercukupi/selesai, maka donasi dialihkan untuk program IDC lainnya.
  • Info & Konfirmasi: 08122.700020.

VIDEO: https://youtu.be/5EX_vvugFfU

DETAIL : Mujahid Dakwah di Pelosok Sidokerto Menderita Gagal Ginjal. Ayo Bantu..!!

 

INFO: 08122.700020