Sedekah Barang: IDC Salurkan Sedekah Pakaian untuk Korban Bencana Banjir

Cirebon, infaq Dakwah Center (IDC)- Alhamdulillah, selasa siang (27/2) relawan IDC selain menyalurkan air bersih dan makanan siap saji membagikan pakaian bekas layak pakai kepada warga korban banjir. 

Baju dan pakaian bekas yang sudah dikemas rapih masuk duz itu pun telah disalurkan, warga mendatangi armada Ambulance yang mengawal pembagian air bersih, tidak sedikit warga pun berebut pakaian layak pakai dikarenakan pakaian mereka sudah hilang terbawa banjir.

Lokasi penyaluran dekat dengan rel kereta, di sana sebagian rumah terendam air hingga menutupi atap dan sebagian lainnya terendam air setinggi 2 meter, dengan kondisi seperti banyak barang-barang yang rusak, bahkan hilang. 

"Banyak barang-barang saya rusak, hilang, pakaian juga entah kemana pokoke pada kotor dan berlumpur," kata ibu-ibu yang menerima baju layak pakai IDC.

Barang bekas layak pakai berupa pakaian dan baju sangat bermanfaat, namun di sisi lain banyak terbuang sia-sia, Alhamdulillah penyaluran barang bekas tepat sasaran, semoga membuahkan pahala dan keberkahan bagi para donatur sedekah barang IDC.

Sedekah Barang Bekas Layak Pakai

Bagi kaum Muslimin, barang anda yang tidak dipakai, bisa jadi sangat bernilai dan bermanfaat bagi orang lain. Anda akan mendapat pahala, keberkahan dan didoakan oleh kaum Muslimin yang dibantu.

  • Laskar Sedekah IDC siap membersihkan, memperbaiki dan mereparasi barang-barang itu supaya lebih bernilai sebelum disalurkan.
  • Sebagian barang yang siap pakai akan dijual/dilelang, hasilnya untuk program-program dakwah, pendidikan, pemberdayaan umat dan sosial fisabilillah.
  • Barang yang masih bagus akan disumbangkan ke lembaga yang membutuhkan, misalnya: lembaga pendidikan, pesantren, dan sebagainya.
  • Barang disumbangkan langsung kepada umat Islam yang membutuhkan, antara lain: warga binaan dakwah di pedalaman, korban bencana alam, sekolah Islam, pondok pesantren, anak-anak yatim, para dhuafa, dsb.
  • Barang bekas bisa berupa: pakaian, tas, sepatu, meja, kursi, kulkas, televisi, komputer, laptop, sepeda ontel, sepeda motor, mobil, dan lain sebagainya, selain –maaf– pakaian dalam. 

Infaq/sedekah barang melalui IDC bisa disampaikan melalui dua pilihan yang mudah:

  1. Barang dikirimkan langsung atau dikirim via Pos/TIKI/JNE ke Kantor IDC:

        Yayasan Infaq Dakwah Center (IDC)
        Jl. Veteran No. 48 Kota Bekasi– 17141
        (Kompleks SD Islam An-Najah, Samping Masjid Agung Al-Barkah Bekasi)

  1. Dijemput oleh Laskar Sedekah Barang IDC (sementara khusus wilayah Jabotabek). Untuk Layanan Jemput Barang, donatur dapat menghubungi IDC minimal SATU HARI SEBELUM PENJEMPUTAN agar kami dapat mengatur jadwal Penjemputan.         
  •  Info Sedekah Barang: 08122.700020 (sms/whatsapp)

PEDULI KORBAN BENCANA BANJIR & LONGSOR

Mari kita realisasikan iman dan kepedulian sesama mukmin, dengan membantu meringankan musibah para korban banjir di berbagai daerah.

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُنْيَا نَفَّسَ الله عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَومَ القِيَامَةِ, و مَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ الله عَلَيهِ في الدُنيَا و الأَخِرَةٍ, و مَن سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ الله في الدُنيَا و الأَخِرَةٍ, و الله في عَونِ العَبْدِ ما كان العَبْدُ في عَونِ أَخِيهِ

“Barangsiapa menghilangkan kesulitan seorang mukmin di dunia, maka Allah akan melepaskan kesulitannya pada hari kiamat. Barangsiapa memudahkan orang yang tengah dilanda kesulitan, maka Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Dan Allah senantiasa membantu seorang hamba selama hamba tersebut senantiasa membantu saudaranya...” (HR Muslim).

Musibah banjir yang dialami kaum muslimin adalah penderitaan kita juga. Karena persaudaraan setiap Muslim ibarat satu tubuh. Jika satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh lainnya otomatis terganggu karena merasakan kesakitan juga.

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ، مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى.

“Perumpamaan kaum mukminin dalam cinta-mencintai, sayang-menyayangi dan bahu-membahu, seperti satu tubuh. Jika salah satu anggota tubuhnya sakit, maka seluruh anggota tubuhnya yang lain ikut merasakan sakit juga, dengan tidak bisa tidur dan demam” (Muttafaq ‘Alaih).

Donasi Infaq Darurat Peduli Banjir & Longsor bisa disalurkan ke rekening IDC:

  1. Bank Muamalat, No.Rek: 34.7000.3005 a/n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  2. Bank BNI Syari’ah, No.Rek: 293.985.605 a/n: Infaq Dakwah Center.
  3. Bank Mandiri Syariah (BSM), No.Rek: 7050.888.422 a/n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  4. Bank Mandiri, No.Rek: 156.000.728.728.9 a/n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  5. Bank BRI, No.Rek: 0139.0100.1736.302 a/n: Yayasan Infak Dakwah Center.
  6. Bank CIMB Niaga, No.Rek: 675.0100.407.006 a.n Yayasan Infak Dakwah Center.
  7. Bank BCA, no.rek: 631.0230.497 a/n Budi Haryanto (Bendahara IDC).

CATATAN:

  1. Demi kedisiplinan amanah dan untuk memudahkan penyaluran agar tidak bercampur dengan program lainnya, tambahkan nominal Rp 3.000 (tiga ribu rupiah). Misalnya: Rp 1.003.000,- Rp 503.000,- Rp 203.000,- Rp 103.000,- 53.000,- dan seterusnya.
  2. Bila biaya pengobatan sudah tercukupi, maka donasi dialihkan untuk program IDC lainnya.
  3. Info: 08122.700020.