SEDEKAH JUM'AT: Hanya dengan 15 Ribu Rupiah, Hidup Mulia, Penuh Berkah dan Manfaat. Ayo Bantu.!!

Memburu pahala, keberkahan dan keutamaan Jum'at dengan berbagi hidangan siap saji kepada para santri, para penghafal Al-Qur'an (pesantren tahfizh), yatim, dhuafa, binaan dakwah, jamaah masjid/musholla, dakwah pelosok, dan lain sebagainya.

 

BEKASI, Infaq Dakwah Center (IDC) - Memberi makan kaum muslimin, fakir miskin atau dhuafa merupakan amal Shalih yang sangat mulia, apalagi bila hal itu dilakukan pada hari Jumat.

Di hari Jum’at umat Islam didorong untuk meningkatkan amal shalih dan ketaatan di dalamnya, Hari Jum’at juga merupkan sayyidul ayyam (penghulunya hari) yang di dalamnya banyak terdapat keutamaan.

Di antara amal shalih yang istimewa pada hari Jum'at adalah sedekah. Para ulama memberi perhatian serius terhadapnya.

Al-Imam Asy-Syaafi'i berkata:

بَلَغَنَا عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى أَنَّ رَسُولَ اللهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَإِنِّي أُبَلَّغُ وَأَسْمَعُ قَالَ وَيُضَعَّفُ فِيهِ الصَّدَقَةُ

“Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Asy-Syaafi'i berkata, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’” (Al-Umm, 1/239).

Bersedekah di hari Jum’at bahkan menjadi kebiasaan ulama Salafus shalih. Di antara sedekah itu berupa makanan. Hal itu dikisahkan Ibnul Qayyim Al-Jauziyah dalam kitabnya Zaadul Ma’ad, beliau menyebutkan beberapa keistimewaan hari Jumat,

الخامسة والعشرون: أن للصدقة فيه مزية عليها في سائر الأيام، والصدقة فيه بالنسبة إلى سائر أيام الأسبوع ، كالصدقة في شهر رمضان بالنسبة إلى سائر الشهور. وشاهدت شيخ الإسلام ابن تيمية قدس الله روحه، إذا خرج إلى الجمعة يأخذ ما وجد في البيت من خبز أو غيره، فيتصدق به في طريقه سرا، وسمعته يقول: إذا كان الله قد أمرنا بالصدقة بين يدي مناجاة رسول الله صلى الله عليه وسلم، فالصدقة بين يدي مناجاته تعالى أفضل وأولى بالفضيلة

"Keutamaan yang keduapuluh lima: Bahwa sedekah di hari jumat memiliki keistimewaan khusus dibandingkan hari yang lain. Sedekah di hari jumat, dibandingkan dengan sedekah di hari yang lain, seperti perbandingan antara sedekah di bulan ramadhan dengan sedekah di selain ramadhan. Saya pernah melihat Syaikhul Islam – rahimahullah – apabila beliau berangkat jum’atan, beliau membawa apa yang ada di rumah, baik roti atau yang lainnya dan beliau sedekahkan kepada orang di jalan diam-diam. Saya pernah mendengar beliau mengatakan, “Apabila Allah memerintahkan kita untk bersedekah sebelum menghadap Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka bersedekan sebelum menghadap Allah lebih afdhal dan lebih besar keutamaannya.” (Zaadul Ma’ad, 1/407).

...Hanya dengan bersedekah Rp 15.000,- kita bisa berbagi, memberi makan dan membahagiakan kaum muslimin di hari Jum'at...

Melalui program Sedekah Jum’at, secara rutin Yayasan Infaq Dakwah Center menyalurkan ratusan makanan siap saji kepada kaum muslimin, fakir miskin, anak-anak yatim dan dhuafa, pejuang nafkah dan para santri di berbagai pondok pesantren.

Hanya dengan bersedekah sebesar Rp 15.000,- (lima belas ribu rupiah) kita sudah ikut serta memberi makan dan membahagiakan kaum muslimin, meraih banyak keutamaan dan garansi kebahagiaan surga.

1. Salah satu amalan orang baik (Al-Abrar) dan golongan kanan (ashabul maimanah) Ahli Surga adalah gemar bersedekah makanan kepada yatim, kaum dhuafa dan orang yang kelaparan.

وَيُطْعِمُونَ الطَّعَامَ عَلَى حُبِّهِ مِسْكِينًا وَيَتِيمًا وَأَسِيرًا       

“Dan mereka memberikan makanan yang dia sukai kepada orang miskin, anak yatim, dan tawanan perang” (Qs Al-Insan 8).

أَوْ إِطْعَامٌ فِي يَوْمٍ ذِي مَسْغَبَةٍ يَتِيمًا ذَا مَقْرَبَةٍ أَوْ مِسْكِينًا ذَا مَتْرَبَةٍ

“Atau memberi makan pada hari kelaparan, (kepada) anak yatim yang ada hubungan kerabat, atau orang miskin yang sangat fakir” (Qs Al-Balad 14-16).

2. Sedekah makanan dan minuman di dunia akan diganti dengan makanan, buah-buahan dan minuman surgawi.

أَيُّمَا مُسْلِمٍ أَطْعَمَ مُسْلِمًا عَلَى جُوعٍ أَطْعَمَهُ اللَّهُ مِنْ ثِمَارِ الْجَنَّةِ وَأَيُّمَا مُسْلِمٍ سَقَى مُسْلِمًا عَلَى ظَمَإٍ سَقَاهُ اللَّهُ مِنَ الرَّحِيقِ الْمَخْتُومِ

“...Muslim mana saja yang memberi makan orang Islam yang kelaparan, niscaya Allah akan memberinya makanan dari buah-buahan di surga. Dan muslim mana saja yang memberi minum orang yang kehausan, niscaya Allah akan memberinya minuman dari Ar-Rahiq Al-Makhtum” (HR Abu Daud dari Abu Said Al-Khudri RA).

3. Berbagi makanan dan minuman adalah amalan terbaik yang dicintai Allah Ta’ala:

أَحَبُّ النَّاسِ إِلَى اللَّهِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ، وَأَحَبُّ الْأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ سُرُورٌ تُدْخِلُهُ عَلَى مُسْلِمٍ، أَوْ تَكْشِفُ عَنْهُ كُرْبَةً، أَوْ تَقْضِي عَنْهُ دَيْنًا، أَوْ تَطْرُدُ عَنْهُ جُوعًا

“...Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah memberikan kebahagiaan kepada seorang muslim, atau menghilangkan kesusahannya, atau melunasi utangnya, atau menghilangkan kelaparannya (HR At-Thabrani).

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو أَنَّ رَجُلاً سَأَلَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ اْلإِسْلاَمِ خَيْرٌ قَالَ تُطْعِمُ الطَّعَامَ وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَمَنْ لَمْ تَعْرِفْ

“Dari Abdullah bin ‘Amr RA, bahwasanya seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW, ‘Apakah amalan Islam yang terbaik?’ Nabi menjawab: memberikan makanan, mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenal dan yang tidak engkau kenal” (HR Bukhari dan Muslim).

4. Sedekah makanan adalah salah satu amalan yang melapangkan jalan ke surga.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ، أَفْشُوا السَّلاَمَ، وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ، وَصَلُّوا وَالنَّاسُ نِيَامٌ تَدْخُلُونَ الجَنَّةَ بِسَلاَم

“Wahai manusia! terbarkan salam, berilah makan, shalatlah saat manusia tidur maka kalian akan masuk surga dengan penuh kesejahteraan” (HR Tirmidzi).

5. Orang yang gemar bersedekah makanan sudah disiapkan kavling di surga.

إِنَّ فِى الْجَنَّةِ غُرَفًا تُرَى ظُهُورُهَا مِنْ بُطُونِهَا وَبُطُونُهَا مِنْ ظُهُورِهَا. فَقَامَ أَعْرَابِىٌّ فَقَالَ لِمَنْ هِىَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ لِمَنْ أَطَابَ الْكَلاَمَ وَأَطْعَمَ الطَّعَامَ وَأَدَامَ الصِّيَامَ وَصَلَّى لِلَّهِ بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ

“Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya.” Lantas seorang Arab Baduwi berdiri sambil berkata, “Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasululullah?” Nabi SAW menjawab, “Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan shalat pada malam hari di waktu manusia pada tidur” (HR Tirmidzi).

Mari perbanyak bersedekah di hari Jum'at, bagi kaum Muslimin yang ingin berpartisipasi dalam PROGRAM SEDEKAH JUM'AT, bisa menyalurkan melalui IDC:

  1. Bank Syariah Indonesia (BSI), No.Rek: 7050.888.422.
  2. Bank Muamalat, No.Rek: 34.7000.3005.
  3. Bank DKI Syariah, No.Rek: 7052.4715.862.
  4. Bank BJB Syariah, No.Rek: 006010.2072.450.
  5. Bank BTN Syari’ah, No.Rek:  712.307.1539.
  6. Bank Bukopin Syariah, No.Rek:  880.218.4108.
  7. Bank Mega Syariah, No.Rek:  1000.154.176.
  8. Bank BCA, No.Rek: 1641.999.666.
  9. Bank Mandiri, No.Rek: 156.000.728.7289.
  10. Bank BNI, No.Rek: 5353.5757.10.
  11. Bank BRI, No.Rek: 0139.0100.1736.302.
  12. Bank CIMB Niaga, No.Rek: 80011.6699.300.

 

       *) Semua rekening atas nama: Yayasan Infaq Dakwah Center.

 

CATATAN:

  1. Demi kedisiplinan amanah dan untuk memudahkan penyaluran agar tidak bercampur dengan program lainnya, tambahkan nominal Rp 400 (empat ratus rupiah). Misalnya: Rp 1.000.400,- Rp 500.400,- Rp 200.400,- Rp 100.400,- 55.400,- dan seterusnya.
  2. Laporan penyaluran dana akan disampaikan secara online di: www.infaqDakwahCenter.com.
  3. Bila biaya sudah tercukupi/selesai, maka donasi dialihkan untuk program IDC lainnya.
  4. Info: 08122.700020 – 08567.700020
  5. Video: SEDEKAH JUMAT, IDC TEBAR RATUSAN MAKANAN SIAP SAJI