Daily IDC

Bina Ruhiyah Relawan IDC di Masa Pandemi


KARANGANYAR, Infaq Dakwah Center ( IDC) - Setiap manusia membutuhkan nutrisi baik jasmani maupun rohani. Karena itu pada hari selasa, (7/09/2021 ), relawan IDC Solo dan wartawan-wartawan media Islam di bawah payung Yayasan Infaq Dakwah Center, bersilaturahmi ke pembina IDC Solo ustadz Sanif Alisyabana,Lc  di Tawangmangu untuk mendapatkan asupan rohani berupa tausiyah dan arahan- arahan.

Ini merupakan agenda rutin yang di lakukan para relawan IDC Solo untuk senantiasa bersilaturahmi dan mengunjungi orang shalih dan ulama. Kami disambut hangat oleh ustadz Sanif begitu biasa beliau di panggil, ustadz muda sekaligus mudir Pondok Pesantren Salman Al Farisi di Karangpandan, Karanganyar.

Dalam tausiyahnya beliau menyampaikan bahwasanya, beramal itu tidak ada ujungnya atau finishnya maka di dalam waktu yang panjang itu tentunya banyak ujian, cobaan  bahkan bisa menjadikan futur, maka di perlukan kesabaran dan keistiqomahan .

Selanjutnya ustadz alumni Universitas Al Iman di Yaman ini membeberkan ada 3 golongan amalan yang berperan untuk keumatan atau kemaslahatan umat diantaranya:

  1. 'Alim/ orang yang berilmu - para Ulama, Ustadz dan Kyai
  2. Mujahid fii sabilillah - Keberadaan dirinya / fisiknya untuk membela Islam.
  3. Berinfaq di jalan Alloh - Orang - orang kaya yang menyedekahkan hartanya untuk membantu sesama.

Dari ketiga amalan tersebut apabila benar-benar ikhlas dikerjakan nilainya sangat tinggi di hadapan Alloh, sehinga kita berupaya mempunyai salah satu dari amalan tersebut.

...jangan menilai pekerjaan kita dengan keuntungan dunia. Ada amanah besar yang kita emban...

Misalkan sebagai relawan, khususnya relawan IDC, taruhlah dengan fisiknya mengorbankan waktunya, tenaganya, idenya serta pemikirannya untuk membantu meringankan beban orang lain atau sesama.

Ustadz Sanif memberikan contoh sahabat yang bisa menjalankan ketiga amalan itu secara sekaligus, yaitu Abdullah bin Mubarok. Beliau adalah seorang yang berilmu, ikut juga berperang di jalan Alloh dan membiayai para penuntut ilmu dengan hartanya.

Kemudian ustadz Sanif melanjutkan bawah para relawan harus mempunyai 3 modal dalam menjalankan tugasnya yaitu:

  1. Ikhlas
  2. Sabar
  3. Istiqomah

Dari ketiga Amalan tersebut kalau di aplikasikan para relawan akan terasa ringan dalam menjalankan tugasnya untuk kemaslahatan ummat. Relawan jangan menilai pekerjaan di IDC ini dengan keuntungan dunia.

Tugas relawan memang tidak mudah tapi nilainya luar biasanya tinggi di hadapan Alloh. Do'a - do'a dari seseorang yang pernah kita tolong lewat perantara kita pun insha Allah bisa meringankan beban kita. Dalam Hadits  "Barangsiapa yang meringankan beban kaum muslimin maka Alloh akan meringkan beban-bebannya di dunia maupun Akherat."

Mungkin kita pernah mengalami masa masa kondisi sulit, tiba-tiba ada solusi dari kesulitan itu. Bisa jadi itu karena do'a dari para klien yang pernah kita bantu. Sekali lagi jangan pesimis para relawan khususnya relawan IDC  waktumu, tenagamu, pikiranmu, ide serta gagasanmu nilainya tinggi di hadapan Alloh.

Penekanan dari nasihat ustadz Sanif kepada relawan IDC dan wartawan media Islam yang berada di bawah payung IDC adalah jangan menilai pekerjaan kita dengan keuntungan dunia. Ada amanah besar yang kita emban.