Daily IDC

Sukses..!! IDC Gelar Tabligh Akbar dan Santunan Mualaf 12,8 Juta di Kampung Mualaf Candi Cetho


KARANGANYAR, Infaq Dakwah Center, (IDC) - Alhamdulillah, IDC sukses menggelar acara Tabligh Akbar dan Santunan untuk mualaf, dhuafa, anak yatim yang digelar di Desa Anggrasmanis, Jenawi, Candi Cetho, Karanganyar, Kampung Mualaf. IDC memberikan uang, baju muslim, mukena, Al Quran dan buku tata cara sholat Nabi senilai Rp 12.800.000,- yang diberikan kepada 64 orang para Mualaf, Sabtu (28/8/2021).

Tanggapan warga Kampung Mualaf Candi Cetho terhadap Tabligh Akbar ini sangat antusias. Terbukti kehadiran mereka membuat berjubelnya jama'ah baik bapak-bapak, ibu-ibu, serta anak-anak hingga meluber di halaman mesjid Al Fatah di Desa Anggrasmanis.   Kegiatan yang baru pertama digelar ini mendapat respon positif  takmir dari 4 masjid sekitar Candi Cetho.

Supangat, selaku Takmir Masjid Al Fatah mengapresiasi kegiatan IDC di wilayahnya, karena baru pertama kali di laksanakan. Di bawah kepengurusannya, saat ini ada 30 an mualaf asal Hindu yang masuk Islam. Hal ini butuh bantuan dakwah karena masih terus ada yang ingin bersyahadat hijrah masuk Islam. Sebanyak 64 orang mualaf dari 4 Masjid (Masjid Al Fatah, Masjid Al Hikmah, Masjid Baitul Qodim, dan Masjid Ulul Albab) hadir mendapatkan santunan.

"Kulo mewakili jama'ah mesjid Al-Fatah ngaturaken raos bingah kaliyan matur nuwun sanget mbokbilih infaq dakwah center ngawontenaken acara tabliq akbar kalih santunan-santunan, kulo naming kanggenan panggen mawon amargi sedanten ubo rampe sedanten saking IDC," ucapnya dengan logat Jawa.

(Saya mewakili jama'ah mesjid Al-Fatah mengucapkan terima kasih karena Infaq Dakwah Center mengadakan acara tabligh akbar dan santunan-santunan masjid kami hanya ketempatan saja semua pendukung acara baik snack dan lainnya semua dari IDC)-red.

Dalam Acara tersebut, IDC menghadirkan Ustadz Yusuf Wibisono, da'i asal Solo, yang membuat para jama'ah ceria dan meriah. Pembawaan yang kocak dengan logat Jawa, namun bisa dipahami ilmu yang disampaikan membuat jamaah bersemangat. Disela acara tersebut, Pembagian 120 Buku saku kecil tata cara sholat Nabi ludes dan jamaah masih terus meminta buku tersebut. Hal ini menandakan bahwa kebutuhan belajar yang benar dalam praktek sholat masih sangat dibutuhkan bagi warga mualaf Kampung Candi Cetho.

Dakwah IDC pun berlanjut setelah kegiatan malam di Masjid Al-Fatah. Pada ba’da subuh, IDC menggelar kajian di Masjid Al-Hikmah, Ahad pagi (29/8/2021). Selain Ustadz Yusuf berdakwah menyampaikan pentingnya beriman kepada Allah, relawan IDC juga menggelar Baksos bagi-bagi Gratis pakaian layak pakai, dan jamaah pun ramai berebut. Sementara itu, Ustadz Yahya, salah satu Takmir Masjid Al Hikmah mengatakan bahwa masyarakat disini menginginkan dakwah rutin dari IDC. InsyaAllah IDC akan menindaklanjuti untuk Program Dakwah Kampung Mualaf Candi Cetho.

KAMPUNG MUALAF CANDI CETHO, DESA TERPENCIL BUTUH SENTUHAN DAKWAH

Secara geografis Candi Cetho berada di lereng Gunung Lawu sebelah utara. Sebuah perkampungan terpencil dan terisolasi dengan dibalut bukit -bukit dan hawa dingin yang menusuk tulang. Untuk menjangkau wilayah tersebut kita harus menyiapkan adrenalin dan mental berani, karena akses jalan yang naik turun dan curam dan berkelok-kelok di tambah lagi dengan tidak adanya pembatas/pagar pengaman di pingir jalan dengan jurang yang menganga.

Mayoritas aktivitas penduduk warga sekitar Candi Cetho, bekerja sebagai petani sayur. Pengetahuan akan Islam masih minim sekali, karena pondasi agama mereka Hindu yang biasa beribadah di Pure dan Candi. Yanto, salah satu Mualaf menceritakan bahwa kebiasaannya beribadah hanya sebatas jika ada perayaan saja. Beda dengan Islam yang mewajibkan sholat, beribadah di Masjid sebanyak 5 kali dalam sehari. Hal ini membuat Yanto yang mengaku sebagai preman kampung ini memilih jalan Hijrah.

Maka dari itu, IDC berencana menggelar Program Dakwah di Kampung Mualaf Candi Cetho setiap bulan sebanyak 2 kali. Untuk itu masih di butuhkan sekali da'i untuk berdakwah di daerah ini mengajari tata cara sholat yang benar,  berwudhu yang benar, mengajarkan baca Al Qur'an. Juga butuh dukungan dan bantuan kepada kaum muslimin yang peduli kepada saudaranya yang baru masuk Islam di wilayah Kampung Candi Cetho. Karena kebanyakan warga masih awam di tambah para mualaf yang terus tertarik mengajak keluarganya mengikuti langkahnya dengan senang hati mendapatkan jalan kebenaran.

PEDULI PROGRAM DAKWAH KAMPUNG MUALAF CANDI CETHO

Sebagai mualaf yang baru masuk Islam sangat membutuhkan bimbingan dan bantuan kaum Muslimin untuk memperbaiki nasib dan mempertahankan iman mereka. Terlebih di Kampung Mualaf Candi Cetho ini terus bertambah warga yang tertarik dengan Islam.

Namun beban berat yang harus dipikul muallaf adalah beban kita semua, karena persaudaraan setiap Muslim ibarat satu tubuh. Jika satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh lainnya otomatis terganggu karena merasakan kesakitan juga.

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ، مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى.

“Perumpamaan kaum mukminin dalam cinta-mencintai, sayang-menyayangi dan bahu-membahu seperti satu tubuh. Jika salah satu anggota tubuhnya sakit, maka seluruh anggota tubuhnya yang lain ikut merasakan sakit juga, dengan tidak bisa tidur dan demam” (Muttafaq ‘Alaih).

IDC melalui program Peduli Dakwah Mualaf Kampung Candi Cetho melakukan pembinaan dan bantuan langsung untuk membantu para mualaf ini. IDC saat ini sudah mendatangkan da'i untuk  membina para mualaf itu agar mandiri dan mempertahankan keislamannya dengan kuat dan bersemangat.

Semoga dengan membantu meringankan beban mualaf ini, Allah menjadikan kita sebagai pribadi beruntung yang berhak mendapat kemudahan dan pertolongan Allah Ta’ala.

مَنْ نَـفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُـرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا، نَـفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُـرْبَةً مِنْ كُـرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَـى مُـعْسِرٍ، يَسَّـرَ اللهُ عَلَيْهِ فِـي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

“Barangsiapa menghilangkan kesulitan seorang mukmin di dunia, maka Allah akan melepaskan kesulitannya pada hari kiamat. Barangsiapa memudahkan orang yang tengah dilanda kesulitan, maka Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat...” (HR Muslim).

Infaq untuk membantu program Peduli Dakwah Mualaf Kampung Candi Cetho bisa disalurkan melalui rekening ini:

  1. Bank Syariah Indonesia (BSI), No.Rek: 7050.888.422.
  2. Bank Muamalat, No.Rek: 34.7000.3005.
  3. Bank DKI Syariah, No.Rek: 7052.4715.862.
  4. Bank BJB Syari’ah, No.Rek: 006010.2072.450.
  5. Bank BTN Syariah, No.Rek:  712.307.1539.
  6. Bank Bukopin Syariah, No.Rek:  880.218.4108.
  7. Bank Mega Syariah, No.Rek:  1000.154.176.
  8. Bank BCA, No.Rek: 1641.999.666.
  9. Bank Mandiri, No.Rek: 156.000.728.728.9.
  10. Bank BNI, No.Rek: 5353.5757.10.
  11. Bank BRI, No.Rek: 0139.0100.1736.302.
  12. Bank CIMB Niaga, No.Rek: 80011.6699.300.

*) Semua rekening atas nama: Yayasan Infaq Dakwah Center.

INFO: 08122.700020

BERITA TERKAIT:

  1. AYO DAKWAH MUALAF: IDC Dakwah di Kampung Mualaf Candi Cetho, Warga Antusias
  2. Kafilah Dakwah Muallaf IDC: Tabligh Akbar Untuk 350 Muallaf di Pelosok Sulawesi Tengah
  3. Ayo Wakaf Tanah Rp 15.000 per Meter untuk Muallaf. Agar Harta Kekal Abadi, Pahalanya Terus Mengalir