Daily IDC

Road Show Hari Kedua IDC Pemuliaan Jenazah Digelar di Masjid Muhajirin Purwosari Solo, Emak-emak Antusias


SOLO, Infaq Dakwah Center (IDC) - Agenda Road Show IDC Pelatihan Pemuliaan Jenazah di hari kedua di Solo didominasi peserta emak-emak yang antusias. Acara digelar di Masjid Muhajirin Purwosari disudut tempat masyarakat yang dahulu tak paham ibadah kini semarak dengan aktifitas keislaman.

Ustadz Aldi Arifandi selaku pemateri sengaja menghadirkan sang istri yang juga mahir fiqih jana'iz. Hal ini dimaksud agar pelatihan bisa lebih leluasa apabila peserta yang ingin mendapatkan ilmu dari kalangan perempuan.

Bahkan, menunjuk relawan yang menjadi mayit pun, Relawan IDC tidak kerepotan karena langsung ada dari peserta yang bersedia memerankan jenazah. "Saya saja tadz," ucap salah satu emak-emak peserta, Senin (30/5/2022).

"Apa hukumnya merawat jenazah Bu? Fardu Kifayah, Ya hampir benar, maaf ya ini bukan maksud menggurui. Tapi yang perlu saya tekankan disini ialah, bahwa hukum merawat jenazah itu wajib bagi seluruh kaum muslimin. Apabila sudah ada yang melaksanakan maka gugur bagi kaum muslimin lainnya. Tetapi jika tidak ada yang merawatnya maka seluruh kaum muslimin di daerah itu dosa," tutur Ustadz Aldi.

Selfi, salah satu peserta mengaku mendapatkan pengalaman baru dalam merawat jenazah. Menurutnya karena faktor tidak terbiasa yang menjadi sulit dalam merawat jenazah. "Ternyata tidak sulit. Setelah melihat dan praktek langsung ini tidak sulit," katanya

Lebih lanjut, acara yang berlangsung ba'da Ashar ini dilatar belakangi adanya salah satu warga, Pak Pardi sebagai sosok yang dipercaya merawat jenazah selama ini akan pindah rumah ke daerah Sukoharjo. Kekosongan ahli Jana'iz di kampung ini membuat warga jamaah yang hadir ramai.

Info : 08122.700020 - 08567.700020