Daily IDC

Road Show Hari Ketiga, IDC Pelatihan Pemuliaan Jenazah di Kampung Mualaf Candi Cetho Karanganyar


KARANGANYAR, Infaq Dakwah Center (IDC) - Menyusuri bukit dan lembah ke arah lereng Gunung Lawu Karanganyar, tepatnya di kampung Mualaf mantan Hindu Candi Cetho, Road Show IDC Pelatihan Pemuliaan Jenazah Digelar di Masjid Al Mukmin, Anggrasmanis, Jenawi, Karanganyar, Selasa (31/5/2022).

Ustadz Aldi Ari Fandi selaku pemateri mengaku senang dengan antusias para jamaah di kampung mualaf tersebut yang mayoritas adalah petani. Meski hanya 2 orang tiap-tiap perwakilan takmir dari 5 Masjid, acara berjalan sukses yang dimulai bada Asar hingga menjelang Magrib.

"InsyaAllah kita sampaikan pelatihan ini dengan senang, tidak ada rasa takut seperti yang anda bayangkan, njih bu. Kita buat semudah mungkin, karena namanya fiqih itu kan beda-beda dikit, makanya saya pilih yang mudah dipahami dalam memuliakan si mayit sesuai syariat Islam," ucap Ustadz Aldi.

Disesi memandikan jenazah itulah, peserta ibu-ibu yang paling merasa gembira. Ustadz Aldi mempraktekkan cara mandi wajib bagi jenazah sama laiknya mandi wajib usai junub membuat geli peserta. Namun ada juga yang merasa belum bisa dan hanya mengangguk-anggukkan kepala.

"Pak, kalau itu tidak pakaikan kain jarik gimana?" Tanya Bu Parti. "O...ya jangan, ini kan aurot, harus tetap tertutup. Kalau laki-laki batasannya dari pusar sampai lutut. Kalau wanita caranya begini," ucap Ustadz Aldi sambil mempraktekkannya.

Dalam kesempatan tersebut, IDC juga menyerahkan sedekah kafan kepada takmir Masjid Al Mukmin. Ustadz Aldi berpesan agar kafan bisa digunakan bagi yang membutuhkan mengingat jamaah Masjid Al mukmin jika ada yang meninggal dunia kebutuhan kafan akan sangat jauh mendapatkannya. Menurut keterangan takmir Masjid bisa 2 jam perjalanan karena harus turun Gunung terlebih dahulu ke kota.

Usai acara setelah menunaikan sholat magrib dan isya, Relawan IDC balik ke Solo disambut hujan lebat yang mengguyur pegunungan Lawu. Alhamdulillah perjalanan diberkahi Allah hingga sampai di kantor sekretariat IDC Solo.

Info : 08122.700020 - 08567.700020