Laporan

IDC Tebar Qurban Di Kampung Mualaf Candi Cetho


KARANGANYAR, Infaq Dakwah Center (IDC) - Hari raya Idul Adha tahun ini sungguh sangat spesial, momentum untuk kita berbagi lewat penyembelihan hewan qurban, sangat ditunggu oleh warga Kampung Mualaf Candi Cetho, Karanganyar.

Alhamdulillah amanah hewan qurban yang diserahkan IDC telah disalurkan untuk saudara kita di Kampung Mualaf sekitar Candi Cetho. Bahkan warga Hindu pun turut merasakan kebahagiaan syiar Islam dalam menyembelih qurban dari para Mudhohi pada Kamis, (22/7/2021) tasyrik ke 2.

Penyembelihan hewan qurban senilai 24,9 juta itu dilaksanakan oleh Relawan di Lapangan Desa Sanggrahan, Anggrasmanis, Jenawi, Karanganyar. Adapun hewan qurban yang di sembelih 11 ekor kambing dari mudhahi, sebagai berikut:

  1. Kang Sedyo (Kambing seharga 1,5 juta)
  2. Dina Marini Lubis binti Achmad Aziddin Lubis (Kambing seharga 2,7 juta)
  3. Alesha Eyalani Shaqeenarava (Kambing seharga 2,5 juta)
  4. Ibu Tumiyem (Kambing seharga 2 juta)
  5. Kel. Pardi (Kambing seharga 2,8 juta)
  6. Nurfa Widyastuti binti Suhudi (Kambinh seharga 1,8 juta)
  7. Ranu Muda (Kambing seharga 1,5 juta)
  8. Kel. Hoho Jus (Kambing seharga 2,5 juta)
  9. Kel. Dalton (Kambing seharga 2,5 juta)
  10. Ibu Rina (Kambing seharga 2,5 juta)
  11. Kel. Gugus Subiyanto (Kambing seharga 2,6 juta)

 

...Kepada para pequrban, kami sampaikan ribuan terima kasih atas besarnya kepercayaan kepada IDC: Jazakumullah khairan. Semoga berkah, melimpahkan rizki, mensucikan jiwa, menolak bencana, dan melapangkan jalan ke surga... 

 

Ketua RT setempat, Suraji mengaku senang dan berterima kasih kepada IDC yang telah menyalurkan hewan qurban untuk warganya. Ia yang turut membantu dari awal proses penyembelihan hingga pembagian daging itu, berharap IDC bisa berlanjut dalam kiprah dakwah di kampungnya.

"Saya atas nama ketua RT 03 desa Anggrasmanis, Jenawi, Karanganyar mengucapkan terima kasih kepada tim IDC, yang telah mengqurbankan 11 kambing di dukuh saya, Sanggrahan dan Anggrasmanis sekitar Candi Cetho. Semoga kita sekeluarga Islam dan warga di sini termotifasi dan kedepan tambah maju lagi," ucap Suraji.

Selesai penyembelihan, pengulitan, pemotongan daging dan tulang serta pengemasan, paket daging qurban pun siap didistribusikan kepada warga yang dahulu mayoritas beragama Hindu. Berkat dakwah para aktifis mereka berbondong-bondong masuk Islam dan kini turut melaksanakan Syiar-syiar Islam termasuk Idul Qurban.

Wilayah yang awalnya sangat jarang menyembelih hewan qurban, kini dibeberapa tahun terakhir ini telah berubah. Alhamdulillah, tahun ini mereka juga secara mandiri telah menyembelih 2 ekor Sapi dan para Mudhohi IDC menyumbangkan 11 ekor Kambing.

Jazakumullah Khoiron Katsiro, kepada para Mudhohi yang telah menitipkan hewan Qurban kepada IDC, semoga Qurban kita diterima Allah subhanahu wata'ala.

إِنَّاأَعْطَيْنَاكَالْكَوْثَرَفَصَلِّلِرَبِّكَوَانْحَرْ

“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka laksanakanlah shalat untuk Rabbmu dan berqurbanlah” (Qs Al-Kautsar 1-2).

Menyembelih hewan qurban pada hari Idul Adha adalah amal shalih yang paling utama, lebih utama daripada sedekah dengan nilai yang sepadan atau lebih. Bahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menegaskan bahwa qurban lebih utama daripada jihad:

مَا الْعَمَلُ فِي أَيَّامٍ أَفْضَلَ مِنْهَا فِي هَذِهِ قَالُوا وَلَا الْجِهَادُ قَالَ وَلَا الْجِهَادُ إِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ يُخَاطِرُ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ بِشَيْءٍ

“Tidak ada amalan yang lebih utama pada hari-hari (tasyriq) ini selain berqurban.” Para sahabat berkata, “Tidak juga jihad?” Beliau menjawab: “Tidak juga jihad. Kecuali seseorang yang keluar dari rumahnya dengan mengorbankan diri dan hartanya (di jalan Allah), lalu dia tidak kembali lagi” (HR Bukhari).

INFO : 08122.700020 - 0812.8070050