Laporan

SEMARAK RAMADHAN: IDC Solo Santuni dan Buka Bersama Keluarga Yatim Dhuafa


KARANGANYAR, Infaq Dakwah Center (IDC) - Dalam rangka menyemarakkan Ramadhan 1443H, Alhamdulillah, IDC Solo menyalurkan amanah donatur untuk program santunan keluarga yatim dan dhuafa berupa uang. Acara digelar berbarengan Ifthor sekaligus di Aden Resto Karanganyar, Kamis (28/4/2022) kemarin.

Keluarga yatim dan dhuafa binaan IDC bertolak dari Solo sejak pukul 2 siang dengan mengajak anak-anak yatim mereka menuju Karanganyar. Menyusuri rute jalan menuju Gunung Lawu, tepatnya di wilayah Tawangmangu, beberapa sebagian anak-anak mabuk perjalanan karena memang jalan berkelok dan tanjakan turunan tajam.

Dalam kesempatan acara tersebut, Ustadz Burhanuddin, pengajar di Pondok Minhajul Hayyah Karanganyar menyampaikan pentingnya manusia yang beriman selalu berdzikir kepada Allah termasuk dalam hal berpuasa. Inti ajaran Islam adalah menguatkan hubungan manusia dengan Allah dan bermanfaat bagi makhluk lainnya.

"Berpuasa memiliki tujuan bertaqwa mengingat Allah. Makan tujuannya untuk berdzikir, minum tujuannya untuk berdzikir mengingat Allah. Maka setiap ibadah memiliki kekhususan yang intinya untuk berdzikir mengingat Allah Subhanahu wata'ala," katanya.

CINTA YATIM: JALAN PINTAS MASUK SURGA BERSAMA NABI SEDEKAT DUA JARI

Anak-anak yatim itu harus menjalani kehidupan menuju kedewasaan tanpa didampingi sang ayah yang notabene adalah tulang punggung pencari nafkah, figur orang tua dan panutan dalam keluarga. Sebesar apapun uluran kita kepada anak yatim, akan dapat memberikan semangat hidup bagi mereka, bahwa saudara-saudaranya seiman masih mempunyai kepedulian terhadap mereka.

Cinta kasih dan kepedulian yang kita ulurkan kepada anak yatim akan membuka peluang masuk surga bersama Nabi SAW sedekat dua jari, sesuai dengan sabdanya:

أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ كَهَاتَيْنِ، يُشِيرُ بِإِصْبَعَيْهِ

“Aku dan pengasuh anak yatim kelak di surga seperti dua jari ini” (HR. Bukhari). Rasulullah bersabda demikian sambil menunjukkan jari telunjuk dan jari tengah dan merapatkan keduanya.

Semoga dengan membantu keluarga yatim ini, kita dijauhkan Allah dari golongan Pendusta Agama:

أَرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ فَذَلِكَ الَّذِي يَدُعُّ الْيَتِيمَ وَلَا يَحُضُّ عَلَى طَعَامِ

“Tahukah kamu orang yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin” (Qs Al-Ma’un 1-2).

Infaq Program Cinta Yatim bisa disalurkan melalui rekening Spesial Cinta Yatim:

  1. Bank Muamalat, No.Rek: 34.7000.3006
  2. Bank BNI Syariah, No.Rek: 705.339.340
  3. Bank Mandiri, No.Rek: 156.0013.818.077
  4. Bank BRI, No.Rek: 1105.0100.0394.303

*) Semua rekening atas nama: Yayasan Infaq Dakwah Center.

INFO:

  • Admin IDC Solo: 081280.70050
  • Admin IDC Bekasi: 08122.700020