IDC Salurkan Sedekah Barang kepada Korban Gempa Lombok - NTB

SOLO, Infaq Dakwah Center (IDC) - Penderitaan korban bencana gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) masih berlanjut. Selain membutuhkan bantuan makanan dan minuman, pakaian juga tak kalah penting. Mereka masih takut kembali ke rumah yang porak poranda kalau hanya sekedar untuk menyelamatkan pakaian sebab gempa susulan terus terjadi. Relawan Infaq Dakwah Center (IDC) yang ikut peduli dengan kondisi ini telah menerima donasi Sedekah Barang Bekas untuk korban Gempa Lombok.

Sedekah barang berupa pakaian layak pakai telah terkumpul dan menumpuk di Kantor IDC Solo Raya. Dasyatnya gempa berkekuatan 7 Skala Reighter (SR) yang mengguncang di wilayah Lombok - Nuda Tenggara Barat (NTB) pada Ahad 5 Agustus 2018 lalu, inilah yang membuat masyarakat tergerak hatinya untuk ikut membantu ribuan korban gempa yang saat ini masih mengungsi dibawah tenda.

Dengan ekstra teliti Relawan IDC menyortir puluhan ribu pakaian yang benar-benar layak untuk para korban bencana. Kemudian pakaian-pakaian itu dikemas ulang dengan rapi menggunakan doz. Selain pakaian, IDC juga mengirimkan selimut, pampers, pembalut wanita dan perlengkapan mandi.

...Selain pakaian, IDC juga mengirimkan selimut, pampers, pembalut wanita dan perlengkapan mandi...

Untuk kloter pertama pada Kamis pagi (16/8/2018), Relawan IDC telah menyalurkan puluhan kardus pakaian layak dan selimut yang telah dikemas ulang melalui jasa paket Pos Indonesia yang ada di wilayah Solo.

Besarnya antusias masyarakat yang ingin mendonasikan pakaian layak kepada IDC, khususnya di Soloraya, hingga Jumat sore (17/8/2018), Relawan IDC masih kewalahan untuk mengambil donasi tersebut ke pos-pos warga yang menampung. Termasuk di wilayah Sidodadi, Pajang, Laweyan, Solo dan Cemani, Grogol, Sukoharjo, puluhan dos pakaian layak pakai terus bertambah.

Aji Syaikhurrohman, sekretaris Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Laweyan menampung donasi dari sekretaris Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Surakarta, warga PCM Laweyan, Ibu-ibu Aisyah, Jamaah IPHI Surakarta dan umat muslim sekitar.

"Alhamdulillah ini dari berbagai kalangan dan ini isinya juga ada pakaian yang baru-baru, semoga bermanfaat," ujar Aji saat membantu mengantar ke kantor IDC Solo Raya.

Untuk selanjutnya Relawan IDC akan mengirimkan satu Truk pakaian layak untuk korban bencana gempa di Lombok. Besarnya biaya transportasi yang diperkirakan mencapai 12 juta rupiah untuk mengangkut pakaian teesebut, maka kami Relawan IDC berharap kepada para donatur IDC ikut berpartisipasi mendonasikan harta terbaiknya.

Kami Relawan IDC mengucapkan jazakumullah khoiron atas partisipasi umat Islam semua yang peduli dengan saudara kita di Lombok- NTB. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi mereka yang saat ini berada di pos pengungsian sebab gempa susulan masih terus dirasakan. Jika donasi ini nantinya berlebih untuk masyarakat Lombok yang berada di pos kontributor IDC, kami akan mengalihkan untuk program lainnya.

Barakallah fiikum kepada para donatur semoga amal kebaikan ini dicatat Allah shubhanahu wata'ala sebagai amal sholeh diakhirat kelak dan dilipatgandakan di dunia, amin.

AGAR BARANG TAK TERPAKAI MENJADI BERNILAI

Barang anda yang tidak dipakai, bisa jadi sangat bernilai dan bermanfaat bagi orang lain. Anda akan mendapat pahala, keberkahan dan didoakan oleh kaum Muslimin yang dibantu.

  • Laskar Sedekah IDC siap membersihkan, memperbaiki dan mereparasi barang-barang itu supaya lebih bernilai sebelum disalurkan.
  • Sebagian barang yang siap pakai akan dijual/dilelang, hasilnya untuk program-program dakwah, pendidikan, pemberdayaan umat dan sosial fisabilillah.
  • Barang yang masih bagus akan disumbangkan ke lembaga yang membutuhkan, misalnya: lembaga pendidikan, pesantren, dan sebagainya.
  • Barang disumbangkan langsung kepada umat Islam yang membutuhkan, antara lain: warga binaan dakwah di pedalaman, korban bencana alam, sekolah Islam, pondok pesantren, anak-anak yatim, para dhuafa, dsb.
  • Barang (baru maupun bekas) bisa berupa: pakaian, tas, sepatu, meja, kursi, kulkas, televisi, komputer, laptop, sepeda ontel, sepeda motor, mobil, dan lain sebagainya.
    Maaf, Program Sedekah Barang IDC tidak menerima infaq pakaian dalam.

...Allah Ta’ala berfirman, “Wahai anak Adam berinfaqlah, niscaya Aku akan mengganti infaqmu” (Hadits Qudsi Muttafaq ‘Alaihi dari Abu Hurairah).

LASKAR SEDEKAH BARANG

Infaq/sedekah barang melalui IDC bisa disampaikan melalui dua pilihan yang mudah:

1. Dikirimkan langsung atau dikirim via Gojek/Pos/TIKI/JNE/J&T/Wahana ke Kantor IDC:

Yayasan Infaq Dakwah Center (IDC)
Jl. Veteran No. 48 Kota Bekasi, Jawa Barat - 17141
(Kompleks SD Islam An-Najah, Samping Masjid Agung Al-Barkah Bekasi)
Google Map: https://goo.gl/maps/g1KbwaQFbFE2

2. Dijemput oleh Laskar Sedekah Barang IDC (sementara khusus wilayah Jabodetabek dan Solo).

Untuk Layanan Jemput Barang, donatur dapat menghubungi IDC 
minimal SATU HARI SEBELUM PENJEMPUTAN agar kami 
dapat mengatur jadwal Penjemputan.

========================================================

INFO SEDEKAH BARANG:

0812.8070040 - 08122.700020

(SMS / WHATSAPP)

===================================================

Donasi program INFAQ DARURAT untuk Korban Gempa Lombok:

Bank BTN Syariah,
No.Rek: 712.307.1539
a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.