Daerah Rawan Pemurtadan Garut ini Kesulitan Air. Ayo Wakaf Mata Air.!!

.

Selain jadi incaran pemurtadan misionaris, warga kampung Cipasang Garut  kesulitan air bersih untuk kebutuhan wudhu, mandi, minum, memasak, dll. Diperlukan dana 11 juta rupiah untuk pipanisasi yang menghubungkan sumber mata air ke masjid, rumah warga dan puskesmas. Ayo Bantu.!!

 

GARUT, Infaq Dakwah Center (IDC) – Kampung Cipasang di Desa Sukamulya Talegong Garut yang dihuni 200 kepala keluarga ini selalu jadi target pemurtadan misionaris. Namun bisa ditangkis oleh kegigihan dakwah.

“Desa ini dari semenjak tahun 2012 menjadi target para misionaris. Beberapa warga sempat terpengaruh misionaris, namun alhamdulillah dengan dakwah dapat diatasi sehingga misionaris tak bisa berkembang,” papar Ustadz Uu Rahmat, Ketua Majelis Ulama (MUI) Desa Sukamulya yang juga Ketua MKD Pagar Aqidah Kabupaten Garut.

Saat ini warga kekurangan air bersih untuk kebutuhan wudhu, bersuci, mandi, minum, memasak, mencuci, dan sebagainya. Selama ini warga hanya memanfaatkan aliran sungai dari kolam yang airnya keruh dan tidak layak untuk dikonsumsi. Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus dapat membahayakan kesehatan warga terutama anak-anak.

Karena air bersih menjadi kebutuhan darurat, warga setempat harus menghabiskan waktu mereka untuk mengambil air bersih ke lokasi yang sangat jauh. Hal ini sangat menguras tenaga dan waktu yang seharusnya digunakan untuk bekerja, ibadah dan belajar.

“Permasalahan selanjutnya karena kondisi masyarakat di sini sebagian besar prasejahtera sehingga untuk pengadaan pipanisasi air bersih ini terhambat oleh mahalnya biaya, ini menjadi perhatian kita semua untuk membatu warga,” Lanjut Ustadz Rahmat.

...Ditanya tentang sedekah yang paling mengagumkan, Rasulullah SAW menjawab, "Sedekah Air."

Warga berharap bisa menyambung pipa dari mata air yang berada di perbukitan kampung Pasir Irung sejauh kurang lebih 2 km, namun untuk pemasangan pipanisasi ini terkendala biaya karena kondisi masyarakat mayoritas prasejahtera.

Dibutuhkan biaya sebesar 11 juta rupiah untuk pemasangan sarana pipanisasi dari sumber mata air ke masjid, rumah warga dan puskesmas. Pekerjaan terdiri dari: pipa sabdak (HDPE), toren penampungan dan tabung pembagi ke sumber mata air.

Alirkan air bersih ke daerah rawan pemurtadan. Raih pahala sedekah jariyah yang terus mengalir tak terbatas umur.

Wakaf Air adalah Sedekah yang Paling Mengagumkan

Rasulullah SAW menekankan bahwa sedekah air adalah sedekah yang paling mengagumkan:

أَنَّ سَعْدًا أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ أَيُّ الصَّدَقَةِ أَعْجَبُ إِلَيْكَ قَالَ الْمَاءُ

Suatu saat Sa’ad mendatangi Nabi SAW dan bertanya, “Sedekah apa yang paling mengagumkan kepadamu?” Nabi SAW menjawab, “Sedekah air" (HR Abu Daud).

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa Sa’ad berkata kepada Nabi SAW:

يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ أُمَّ سَعْدٍ مَاتَتْ فَأَيُّ الصَّدَقَةِ أَفْضَلُ قَالَ الْمَاءُ قَالَ فَحَفَرَ بِئْرًا وَقَالَ هَذِهِ لِأُمِّ سَعْدٍ

“Wahai Rasulullah, sesungguhnya Ibu Sa’ad telah meninggal, maka sedekah apa yang paling utama? Rasulullah menjawab, “Sedekah air.” Kemudian Sa’ad menggali sumur dan dia berkata, “Ini sedekah milik ibu Sa’ad” (HR Abu Daud).

Mengalirkan Air bukan hanya bermanfaat untuk manusia namun semua makhluk hidup baik hewan maupun tanaman bahkan bangsa jin juga mendapatkan manfaatnya dan menjadikan pahala untuk kita di akhirat kelak.

مَنْ حَفَر ماءً لم تشرب منه كبد حرَّى من جنٍّ ولا إنسٍ ولا سَبُعٍ ولا طائرٍ إلا آجره الله يومَ القيامة

"Barangsiapa menggali air, maka tiada meminum darinya mahluk hidup dari bangsa jin, manusia, dan burung kecuali Allah akan memberinya pahala di hari kiamat" (HR Bukhari).

Mari sisihkan harta untuk wakaf mata air, untuk memenuhi air bersih di kampung Cipasang Sukamulya.

Donasi Mata Air bisa disalurkan melalui program WAQAF IDC:

1. Bank Muamalat, No.Rek:  34.7000.3007  
    a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center (IDC)

2. Bank BNI Syariah, No.Rek:  705.339.431 
    a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center (IDC)

3. Bank Mandiri, No.Rek:  156.000.696.4037
    a/n: Yayasan Infaq Dakwah Center (IDC)

4. Bank BRI, No.Rek:  1105.0100.0395.309
    a/n: Yayasan Infaq Dakwah Center (IDC)

 

CATATAN: