Mushalla Al Hidayah Mojosari Rampung, IDC Salurkan 66,7 Juta Rupiah

SOLO, Infaq Dakwah Center (IDC) - Mushalla Al Hidayah Mojosari, Pagak, Sumber Lawang, Sragen, telah selesai pembangunannya. Total dana yang telah diwujudkan untuk memugar kembali Rumah Allah yang awalnya lapuk terancam ambruk itu, IDC menyerahkan donasi sebesar Rp 66.753.000,- (enam puluh enam juta tujuh ratus lima puluh tiga ribu rupiah).

Kini, dengan bangunan permanen berbahan bata herbel, Mushalla peninggalan Kyai Asmuri itu berdiri kokoh, megah dan kuat. IDC pun mewujudkan warna Mushalla sesuai keinginan Takmirnya, yang tak lain cucu pejuang dakwah di Desa Pagak, yakni Mbah Ngadimin dengan warna biru dan emas.

Ukuran Mushalla yang berdiri sejak jaman Belanda itu, kini telah berubah total. Sebelum direnovasi IDC, hanya memiliki luas 9 meter persegi dengan ukuran 3 x 3 meter berbahan kayu papan. Saat ini IDC telah merubah sesuai luas wakaf yang telah diberikan Mbah Ngadimin yakni 7 x 12 meter (84 m2).

Untuk bangunan dalamnya, memiliki panjang 5 meter, lebar 5 meter. Sedang teras di kedua sisi 1 meter, dan yang di depan dengan lebar 2 meter. Secara keseluruhan, Mushalla Al Hidayah memiliki luas 49 meter persegi dengan panjang 7 x 7 meter. Sisa tanah di depan Mushalla dibuat taman dengan luas 35 meter persegi (5 x 7 meter).

Dulu, jamaah Mushalla memakai gentong untuk berwudhu dan istri Mbah Ngadimin lah yang harus mengambil air. Kini, tempat bersuci itu telah ada 4 buah kran yang sudah memiliki bak penampungan air sebesar 350 liter. Jadi untuk berwudhu sudah tidak kesulitan lagi jika akan menunaikan sholat lima waktu di sini.

Mbah Ngadimin tak pernah membayangkan Mushalla Al Hidayah juga memiliki Soundsistem (pengeras suara) untuk memanggil waktu sholat. Wakaf soundsistem berupa 2 buah speaker dalam, 1 buah Toa speaker luar dan sebuah ampli kini telah bertengger di Mushalla tersebut. Tak ayal kumandang adzan dan iqomat pun semakin nyaring terdengar di dusun Mojosari.

"Alhamdulillah, kulo pun marem, seneng mushalla sampun rampung, wingi wulan poso nggih sampun diagem tarawih kulo kalian warga mriki. (Saya sudah puas dan senang, mushalla sudah selesai pembangunannya, kemarin bulan Ramadhan juga sudah digunakan sholat tarawih bersama warga)", kata Ngadimin.

Karpet hijau 4 lembar dengan panjang masing-masing 5 meter membentang di lantai Mushalla Al Hidayah semoga menambah nyaman dalam beribadah. Sebuah kipas angin orbit bercokol tepat di tengah atap plafon gibsum, untuk menyemburkan hawa sejuk agar sholat jamaah lebih khusuk.

WARGA ANTUSIAS SAMBUT PERESMIAN MUSHALLA AL HIDAYAH

Warga Mojosari berduyun-duyun menghadiri peresmian Mushalla Al Hidayah Mojosari pada Rabu (17/6/2020). Ketua RT dusun Mojosari, Ngatimin menyampaikan suka citanya atas bantuan IDC yang telah membangun kembali tempat ibadah warganya yang hampir ambruk.

Material permanen memang sudah mulai banyak digunakan warganya. Namun desain minimalis mushalla membuat bangga dirinya, karena menambah suasana baru corak bangunan yang baru pertama ada di wilayahnya. Nantinya ia berharap, tempat ibadah tersebut akan lebih bermanfaat bagi warganya dan meningkatkan semangat ibadah shalat berjamaah.

"Dalem ngaturaken maturnuwun sanget dumateng Infaq Dakwah Center sampun biyantu wargo kulo mbangun mushalla. Mewakili sedanten wargo kulo nyuwun Mushalla saget kagem kegiatan ibadah sesarengan berjamaah. (Saya mengucapkan terima kasih sekali kepada Infaq Dakwah Center yang sudah membantu warga saya bangun mushalla. Mewakili semua warga, saya berharap mushalla bisa untuk kegiatan ibadah bersama secara berjamaah)," ungkap Ngatimin saat memberikan sambutan.

Turut hadir lurah Pagak, Sholekhan memberikan sambutan peresmian tersebut. Mushalla Al Hidayah yang bersejarah, telah bertahun-tahun digunakan warga untuk beribadah dan mengaji. Dengan bangunan baru yang telah direalisasikan IDC, pihaknya sangat terbantu dan mengaku senang. Untuk keperluan administrasi proses surat menyurat perihal wakaf tanah pembangunan mushalla Al Hidayah, ia bersedia membantu demi kelancarannya.

"Kami selaku pelayan di desa Pagak mengucapkan banyak terima kasih kepada IDC melalui programnya wakaf Mushalla. Semoga tempat ini tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga menjadi salah satu tempat untuk menimba ilmu khususnya bagi warga Pagak RT 25. Sesuai amanah pendahulu, dengan bangunan yang sekarang lebih bagus bisa digunakan untuk kegiatan yang bermanfaat," kata sholekhan di hadapan jamaah yang hadir.

Selain itu, Sholekhan juga menjadi saksi penandatanganan Surat Pernyataan Wakaf Tanah pembangunan mushalla Al hidayah yang ditandatangani Mbah Ngadimin dihadapan warga Mojosari. Diikuti ketua RT 25 dusun Mojosari, Ngatimin sebagai penguat saksi bahwa mushalla dibangun di atas tanah wakaf.

WAKAF AL QURAN DAN KARPET, MUSHALLA SEMAKIN KOMPLIT

Untuk melengkapi kebutuhan Mushalla Al Hidayah Mojosari usai pembangunan, IDC Solo mendapatkan amanah dari donatur asal Manang, Sukoharjo, Bapak Sholeh. Ia dan keluarganya mewakafkan karpet sesuai luas dalam Mushalla, 25 meter persegi.

Relawan IDC mengantar langsung donatur ke Mojosari, karena ingin melihat langsung kondisi rumah Allah tersebut. Penyerahan karpetnya pun diterima langsung oleh Mbah Ngadimin dan istrinya, pada Ahad (17/5/2020) bulan lalu.

"Alhamdulillah, semoga keluarga bapak Sholeh diberi keluasan rezeki, dipanjangkan umur dan karpetnya awet dan bermanfaat," ucap Mbah Ngadimin pada bapak Sholeh.

Selain itu, IDC juga mewakafkan Al Quran agar bisa digunakan mengaji dan mempelajarinya. Hampir semua keluarga Mbah Ngadimin yang tak lain keturunannya Kyai Asmuri lancar membaca Al Quran. Tetapi masih banyak juga warga Mojosari yang belum bisa membaca Iqro' apalagi Al quran.

WAKAF MUSHALLA PAHALA JARIYAH SAMPAI AKHERAT, DIBANGUNKAN RUMAH DISURGA

Jazakumullah khairan katsiro kepada para donatur yang telah infaq jariyah untuk pembangunan Mushalla Al Hidayah Mojosari, Pagak, Sumber Lawang, Sragen. Semoga jadi investasi akhirat yang pahala terus mengalir tak terbatas umur dan dibalas Allah dengan sebuah istana di Surga.

Rasulullah SAW bersabda:

إذَا مَاتَ الإنسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إلاَّ مِنْ ثَلاَثٍ: صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ اَو عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ, اَووَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُولَهُ

"Jika manusia meninggal dunia maka putuslah amalnya kecuali tiga hal: Shadaqah Jariyah, ilmu yang diambil manfaat dan anak shalih yang mendoakannya" (HR Muslim).

مَنْ بَنَى لِلَّهِ مَسْجِدًا بَنَى اللَّهُ لَهُ مِثْلَهُ فِي الْجَنَّةِ

"Barangsiapa yang membangun sebuah masjid karena mengharapkan keridhaan Allah SWT, maka Allah akan membangun untuknya sebuah istana di Surga" (HR Bukhari dan Muslim).

REKENING WAKAF YAYASAN INFAQ DAKWAH CENTER (IDC):

1. Bank Muamalat: 34.7000.3007 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center

2. Bank BNI Syariah: 705.339.431 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center

3. Bank Mandiri: 156.000.696.4037 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center

4. Bank BRI: 1105.0100.0395.309 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center

Info : 08122.700020 - 0812.8070050

#Mushalla #Peresmian #idc #Mushallaalhidayah
#donasidakwah #donasi #infaq #sedekah #ramadhan #ramadhan1440h #ibadah #zakat #peduliyatim #pecintaquran #berbagi #yatim #santuanyatim #alquran #dakwah #bangkit #islam #berbuatbaik #umat #harta #mati #barangbekas #pakaian #baju #celana